Materi IHT e-Rapor

 Peran Pengguna e-Rapor SMP

 Dalam implementasi e-Rapor SMP di sekolah, diperlukan tim dengan perannya masing-masing. Berikut ini adalah peran masing-masing pengguna e-Rapor SMP.

1.       Operator Dapodik

 Tugas Operator Dapodik adalah melengkapi data yang dibutuhkan e-Rapor melalui aplikasi Dapodik, diantaranya :

ü  Input data Siswa.

ü  Input Data PTK.

ü  Input Rombongan Belajar, Anggota Rombel dan Wali Kelas.

ü  Input Pembelajaran.

ü  Input Ekstrakurikuler.

ü  Membuat Webservice.

2.       

       Administrator (Admin e-Rapor)

 Administrator bertugas untuk menyiapkan referensi data dan mengontrol terhadap semua data pada aplikasi e-Rapor SMP. Berikut ini tugas utama Administrator.

ü  Bersama Operator melakukan Settings Webservice Dapodik.

ü  Mengambil data Dapodik.

ü  Membuat data pengguna / User untuk Guru, Siswa maupun administrator.

ü  Mengecek dan menyesuaikan referensi data dari Dapodik.

ü  Menyesuaikan referensi Lokal (Pembelajaran, mapping rapor, penyesuaian logo sekolah dan pemda, tanda tangan, foto siswa maupun input tanggal rapor.

ü  Menyesuaikan referensi P5 (Pengguna Sebelum Tahun Ajaran 2025/2026) atau Kokurikuler (Pengguna Mulai Tahun Ajaran 2025/2026).

ü  Mengecek Status & Perkembangan Nilai.

ü  Cetak Data Rapor (Leger, Pelengkap, Nilai Rapor, maupun Rapor P5), untuk cetak ini dapat pula dilakukan oleh Wali Kelas.

ü  Menyusun Referensi dan Setting Transkrip Nilai Ijazah.

ü  Input Nilai dan Cetak Transkrip Nilai Ijazah (ini dapat pula dilakukan oleh Wali Kelas).

ü  Menyesuikan referensi data Buku Induk dan Transkrip Nilai Rapor.

ü  Cetak Buku Induk dan Transkrip Nilai Rapor (ini dapat pula dilakukan oleh Wali Kelas).

ü  Kirim Nilai ke Dapodik.

ü  Backup Restore Data.

 

  3.       Guru Mapel

 Guru mapel bertugas untuk menginput nilai yang dicapai oleh siswa sesuai mata Pelajaran dan kelas yang diampu. Proses input nilai tidak dapat dilakukan oleh Operator maupun Administrator, harus  dilakukan sendiri oleh Guru Mata Pelajaran. Adapun fitur yang disediakan untuk Guru mapel diantaranya :

ü  Input Tujuan Pembelajaran.

ü  Input Nilai Rapor.

ü  Input Nilai P3 (Khusus Kelas dengan Kurikulum 2013 Sebelum Tahun Ajaran 2025/2026).

ü  Input Nilai Profil Lulusan (Khusus Kelas dengan Kurikulum 2013 Mulai Tahun Ajaran 2025/2026).

ü  Input Nilai Projek P5 dan Input Catatan Projek P5 (Khusus Guru Mapel yang bertugas sebagai Koordinator Projek Sebelum Tahun Ajaran 2025/2026).

ü  Input Nilai Kokurikuler (Khusus Guru Mapel yang bertugas sebagai Koordinator Projek Mulai Tahun Ajaran 2025/2026).

ü  Input Nilai Ekstrakurikuler (Khusus Guru Mapel yang bertugas Pembina esktrakurikuler).

ü  Cek Status Penilaian dan Perkembangan nilai mata pelajaran siswa.

Catatan : proses input nilai dapat pula dilakukan dengan menggunakan metode import dari format excel yang telah disiapkan aplikasi.


4.       Wali Kelas

Guru mapel yang bertugas sebagai Wali Kelas akan memperoleh menu wali kelas untuk dapat mengelola seluruh data rapor siswa pada kelas yang menjadi binaannya.

Adapun fitur yang disediakan untuk wali kelas diantaranya :

ü  Update data siswa.

ü  Input Rekap Kehadiran per semester.

ü  Input Nilai Ekstrakurikuler (Jika belum diinput oleh Pembina ekskul).

ü  Input kenaikan kelas (Setiap semester genap).

ü  Input/Proses Deskripsi Sikap (Jika mengampu kelas dengan kurikulum 2013).

ü  Cek perkembangan nilai rapor dan Status Penilaian.

ü  Cetak Leger dan Rapor Intra serta Cetak Rapor P5 (Khusus Sebelum Tahun Ajaran 2025/2026).

ü  Cetak Buku Induk dan Transkrip Nilai Rapor (ini dapat pula dilakukan oleh Administrator).

ü  Input Nilai dan Cetak Trakskrip Ijazah (khusus guru yang bertugas sebagai wali kelas pada kelas akhir mulai tahun ajaran 2024/2025).

 

  5.       Siswa

Aplikasi e-Rapor ini dapat diakses juga oleh siswa dengan menggunakan akun siswa yang telah dibuatkan oleh administrator. Adapun fitur yang disediakan untuk siswa diantaranya :

ü  Update Profile.

ü  Mengecek Perkembangan Nilai dan riwayat capaian nilai Rapor.

ü  Download dan cetak Rapor

Nilai yang dapat dicek oleh siswa hanya nilai yang sudah dipublish dan dibagikan melalui cetak rapor.

File Rapor dan lainnya hanya dapat diunduh oleh siswa, jika diijinkan untuk diakses oleh administrator

 


1.       Masuk / login Aplikasi e-Rapor SMP

ü  Untuk pertama kali masuk sebagai guru, silahkan menggunakan akun yang telah dibuatkan oleh administrator, jika akun digenerate otomatis oleh admin, default akun adalah :

Ø  Username: biasanya menggunakan nomor induk (NIP) masing-masing guru atau nama guru (huruf kecil semua tanpa spasi).

Ø  Password : @dikdasmen123456*


QUIS